Pj. Bupati Langkat Dukung Musrenbang RPJPD Tahun 2025-2045 Provinsi Sumatera Utara

Spread the love

 

MEDAN (SUMUT) FORWABI.com //: Pj. Bupati Langkat H.M.Faisal Hasrimy AP,M.AP Menghadiri Musrenbang RPJPD 2025-2045 Provinsi Sumatera Utara bertempat di Aula Raja Inal Siregar Lt.ll Kantor Gubernur Sumatera Utara, Senin (29/4/2024)

 

Peserta terdiri dari Beppelitbang Provinsi, Kab/Kota Se- Sumut, OPD Provinsi, OPD Kab/Kota terkait Se- Sumut, Unsur Kementerian/Lembaga BUMN/BUMD di Sumut, Unsur Legislatif Provinsi Sumut, Unsur Akademisi, Swasta, Media, serta Masyarakat dan unsur pemangku kepentingan terkait lainnya, para narasumber terdiri dari para akademisi, Bappelitbang Provsu, dan BPS Provsu yang dilaksanakan pada tanggal 29-30 April 2024 bertempat di Aula Raja Inal Siregar Lt ll Kantor Gubernur Sumatera Utara.

 

Sambutan Pj. Gubernur Sumatera Utara Bapak Hassanudin sekaligus membuka kegiatan Musrenbang RPJPD Tahun 2025-2045 Provinsi Sumatera Utara.

 

Tujuan utama Musrenbang RPJPD Tahun 2025-2045 Provinsi Sumatera Utara adalah untuk mensosialisasikan substansi rancangan awal RPJPD Provinsi Sumatera Utara tahun 2025-2045 dan RKPD Provinsi Sumatera Utara tahun 2025 kepada pemangku kepentingan pembangunan.

 

Hasil keluaran dari kegiatan ini adalah sinkronisasi visi- misi arah kebijakan dan sasaran pokok RPJPD tahun 2025-2045 Provinsi dan Kabupaten/Kota Se- Sumatera Utara melalui pola kolaborasi perencanaan pembangunan daerah” harapnya.

 

Dalam kerangka RPJPD Provinsi Sumatera Utara tahun 2025-2045, visi “Sumatera Utara Unggul, Maju, Berkelanjutan” menjadi landasan dalam merumuskan 5 sasaran visi, 8 misi pembangunan daerah, 17 arah kebijakan pembangunan, dan sasaran pokok sebagai upaya dalam dukungan kontribusi terhadap pencapaian visi Indonesia Emas tahun 2045,”ucapnya.

 

Sambutan Menteri Dalam negeri yang di sampaikan oleh Plh.Dirjen Bina Keuangan Kementerian Dalam Negeri RI Bapak, Horas M.Panjaitan, menyampaikan Musrenbang RPJPD tahun 2025-2045 Provinsi Sumatera Utara bahwa ini sangat penting dan strategis terutama dalam penyusunan dokumen perencanaan pembangunan daerah di Sumatera Utara

 

Capaian Indeks Pembangunan Manusia (CPM) provinsi sumatera utara mengalami peningkatan 0,78 poin pada tahun 2023 menjadi 75,13 (tinggi) menjadi IPM tertinggi ketiga di wilayah sumatera dan lebih tinggi di bandingkan dengan rata-rata IPM Nasional sebesar 74,39

 

Dalam menjaga momentum capaian kinerja maka Pemda harus fokus pada bidang pendidikan, kesehatan dan ekonomi

 

Peningkatan IPM memerlukan upaya lintas sektor dan jangka panjang. untuk itu di perlukan kerja sama antara pemerintah, sektor swasta, organisasi non pemerintah dan masyarakat sipil untuk mencapai tujuan ini,” sebutnya”

 

Pj. Bupati Langkat H.M.Faisal Hasrimy,AP,M.AP dalam kesempatan tersebut menyampaikan bahwa Pemerintah Kabupaten Langkat mengapresiasi dan mendukung Musrenbang RPJPD 2025-2045 Provinsi Sumatera Utara

 

Perencanaan yang berkualitas akan menghasilkan pembangunan yang berkualitas.

 

Mari kita jadikan Musrenbang RPJPD 2025-2045 provinsi sumatera utara ini sebagai pondasi dan tonggak awal dari perjalanan panjang kita dalam mewujudkan cita-cita bersama pembangunan sumatera utara yang “Unggul, Maju dan Berkelanjutan” untuk menyongsong era baru, sebagai sebuah Negara Maju “Indonesia Emas 2045″ucapnya.

 

#(YANTO)#