Komisi 2 DPRD Laksanakan Kunjungan Kerja ke Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian Bantul 

Spread the love
Budidaya bawang merah

DUMAI MEDIA, Forwabi.com –  Komisi II DPRD Kota Dumai melaksanakan Kunjungan Kerja ke Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian Kabupaten Bantul pada Kamis (06/07/2023).

Kegiatan ini diikuti oleh Wakil Ketua DPRD Kota Dumai, Bahari, Ketua Komisi II DPRD Kota Dumai, Kamisan, dan Anggota Komisi II lainnya, yaitu: Sutrisno, H. Yuhandri, S.T., Ponimin,S.H, Hamdan,S.A.P., H. Syafrizal Nurdin,S.E., Tajuddin Effendi, Marihot Sitorus, beserta ASN Sekretariat DPRD Kota Dumai yang ditunjuk mendampingi pelaksanaan Kunjungan Kerja ini.

Kunjungan ini diterima oleh Sekretaris Dinas Pertanian dan ketahanan Kabupaten Bantul, Ir. Yunianti Setyorini. Kunjungan Kerja ini terkait tugas dan fungsi DPRD dalam penganggaran dan pengawasan khususnya bidang pertanian yang dibidangi oleh Komisi II DPRD Kota Dumai. Kunjungan kali ini difokuskan kepada Budidaya Pengembangan Bawang Merah yang ditanam secara semi organic dan berwawasan lingkungan.

Komoditas tanaman pangan dan hortikultura di Kabupaten Bantul adalah cabe dan bawang merah. Luas lahan perkebunan bawang merah ini mencapai 1400 hektar. Bawang asal Bantul ini dikenal dengan nama “Bawang Merah Growing”. Dibudidayakan menggunakan pupuk organik yang tinggi dengan pengendalian hayati secara maksimal, berbasis kearifan lokal dan berwawasan lingkungan. Keberhasilan budidaya bawang merah di daerah ini juga didukung adanya embung-embung penampung air yang dibangun secara swadaya oleh para petani.

Produksi bawang merah Daerah Istimewa Yogyakarta, sekitar 69% berasal dari daerah Bantul dengan pembeli yang juga berasal dari luar daerah. Oleh karena itu Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian Kabupaten Bantul gencar mengembangkan budidaya bawang merah ini diberbagai sektor holtikultura.

Dengan adanya Kunjungan Kerja ini Komisi II DPRD Kota Dumai berharap Pemerintah Kota Dumai dapat mengadopsi cara atau pola pembudidayaan daerah Kabupaten Bantul guna meningkatkan hasil pertanian dan perkebunan Kota Dumai kedepannya.

(F.Siahaan)